Iklan

Dari Lokasi Kebakaran Desa Barang, SUKSES Punya Ide Mitigasi Musibah

Anwar paturusi
2024-10-13, 21.20 WIB Last Updated 2024-10-13T13:20:14Z
masukkan script iklan disini


SOPPENG - Calon Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng, langsung turun ke lokasi kebakaran, di Desa Barang, Minggu, 13 Oktober 2024, petang. 

Ia datang bersama dengan rombongan setelah menggelar kampanye dialogis di Kelurahan Labessi, Kecamatan Marioriwawo. "Ini musibah yang sudah digariskan Allah SWT, semoga Bapak/Ibu tabah menjalaninya. Kami akan tetap bersama dengan warga yang terkena musibah," katanya. 

Meski musibah telah ditakdirkan, tetapi Haji Suwardi menyatakan mitigasi terhadap bencana seperti ini harus menjadi prioritas ke depan. "Mitigasi sangat perlu agar kita bisa meminimalkan dampaknya. Selain langkah pencegahan dengan sosialisasi massif bahaya kebakaran, juga langkah penanganan saat dan pasca bencana harus dimiliki oleh Pemda Soppeng," tambahnya. 

Menyikapi meningkatnya eskalasi kebakaran di Soppeng, Haji Suwardi berpikir untuk membuat langkah ekstrem dengan membuat Program penanggulangan bencana berbasis desa. "Sekarang memang sudah ada seperti Desa Siaga, tetapi penangan kongkrit harus dipikirkan. Seperti misalnya membuat armada damkar mini di tiap desa dan keluarahan," tambahnya. 

Armada mini kebakaran itu akan menjadi penangan pertama sebelum armada milik Dinas Pemadam Kebakaran Soppeng tiba di lokasi bencana. "Kadangkala armada kebakaran dari Pemda Soppeng baru datang ketika api sudah membesar. Seharusnya ada armada lebih kecil yang melakukan penanganan awal, ini kita pikirkan jika bisa diadakan ke depan," tukasnya. (*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

+
?orderby=published&alt=json-in-script&callback=labelthumbs\"><\/script>");